Contoh perilaku konsumen dapat kita simak pada “Hukum Permintaan”
Ada dua pendekatan yang dapat menjelaskan mengapa konsumen berperilaku seperti yang dinyatakan oleh Hukum Permintaan.
- Pendekatan Kardinal (Marginal Utility). Pendekatan ini bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan (utility) dapat diukur dengan uang, seperti kita mengukur volume air, panjang jalan, atau berat suatu barang. Keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang berdasarkan perbandingan antara kegunaan, manfaat, kepuasan (Utility) yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan. Nilai kegunaan yang diperoleh dari mengkonsumsi disebut Total Utility. Tambahan kegunaan dari penambahan 1 unit barang yang dikonsumsi disebut Marginal Utility.
- Pendekatan Ordinal (Indefference Curve). Pendekatan ini bertitik tolak pada anggapan bahwa tingkat kepuasan konsumen tidak dapat diukur, tetapi hanya dapat dikatakan lebih tinggi atau lebih rendah, tanpa mengatakan berapa lebih tinggi atau lebih rendah. Kurva indefference adalah kurva yg menunjukkan berbagai kombinasi konsumsi dua macam barang yang memberikan tingkat kepuasan yg sama bagi seorang konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar